Rabu, 01 November 2017

Tren Teknologi Mobile Terkini "Mobile Banking"

Perkembangan teknologi makin hari makin berkembang, entah itu mulai dari software dan hardwarenya atau bahkan juga dari jenis teknologinya seperti teknologi computing dan teknologi mobile. Bicara tentang teknologi mobile memang tidak terlepas dari yang namanya smartphone, karena hanya dengan menggunakan smarthphone semua aktivitas bisa ditunjang dengan singkat. Dari yang mulai mengakses berita, berbelanja online, mengecek email semua bisa dilakukan dengan smartphone bahkan layanan seperti transfer uang dari satu rekening ke rekening lain juga bisa dilakukan, atau biasa disebut dengan mobile banking. Tentu saja mobile banking tidak sampai situ saja kegunaannya, berbagai layanan seperti informasi  dan transaksi yang membantu seseorang yang ingin berspekulasi saham, yang terbaru bisa mendukung aktivitas pembayaran pra baya dan pasca bayar seperti tagihan listrik dan top up pulsa.

Mobile banking sendiri memiliki banyak definisi, salah satu yang paling sederhana atau dimingerti adalah mobile banking adalah fasilitas perbankan melalui alat komunikasi bergerak seperti handphone atau smartphone yang menyediakan fasilitas yang sama dengan ATM kecuali penarikan tunai. Salain pengertian simpel di atas juga terdapat sebuah model akademik yang mendefinisikan mobile banking sebagai, penyediaan suatu fasilitas perbankan dan finansial oleh suatu istitusi bank atau penyedian jasa financial dengan bantuan alat komunikasi bergerak yang pelayanannya menyangkut pengaturan akun, akses informasi dari bank atau pun transaksi baik uang maupun pada pasar saham.

Bisa dibilang teknologi mobile banking pada saat ini masih terbilang baru. Akan tetapi perkembangannya jauh lebih cepat dan pesat dengan secara tidak terduga, bisa dibilang mulai meninggalkan sistem transaksi dan keuangan yang telah berkembang sebelumnya. Mobile banking digadang – gadang akan dapat menggantikan peran seorang teller bank atau lebih parahnya lagi sebuah mesin ATM, sehingga kita tidak perlu repot – repot datang ke bank untuk melakukan transaksi. Asalkan selama ada koneksi internet semua transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Munculnya teknologi mobile banking tidak hanya semerta – merta dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone saja, ada beberapa manfaat lainnya, seperti :
  • Nasabah dapat membuat transaksi atau membayar tagihan kapanpun. Mobile banking menghemat banyak waktu.
  • Mobile banking melalui HP sangat mudah untuk dimengerti. Tampilan dari mobile banking juga sangat simple. Nasabah hanya perlu mengikuti instruksi untuk melakukan transaksi. Hal ini juga menghemat pencatatan dari transaksi yang dilakukan.
  • Mobile banking mengefektifkan biaya. Kebanyakan bank menyediakan fasilitas mobile banking dengan biaya yang rendah dibandingkan online banking.
  • Mobile banking mengurangi resiko penipuan. Nasabah akan mendapatkan SMS ketika terdapat aktivitas pada rekening nasabah. Ini meliputi setoran, penarikan uang, transfer antar rekening, dan lainnya. Nasabah akan menerima pemberitahuan ketika terdapat pergerakan pada rekening nasabah.
  • Mobile banking juga memberikan keuntungan bagi bank. Mobile banking mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis.
  • Mobile banking melalui HP sangat menguntungkan bagi bank karena merupakan fasilitas tambahan yang mempermudah konsumen melakukan transaksi, sehingga bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah mereka.
  • Bank dapat menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.
  • Bank juga dapat melakukan promosi dan menjual produk mereka dan layanan seperti kartu kredit, pinjaman, dan lainnya pada kelompok nasabah tertentu.
  • Berbagai layanan seperti informasi kredit/debit, informasi pembayaran rekening, informasi jumlah tabungan, histori transaksi, fasilitas pengiriman uang, dan lainnya dapat diakses langsung melalui HP nasabah.
  • Nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui mobile banking.

Strategi mobile banking merupakan taktik yang kini diterapkan oleh banyak bank baik bank-bank di Indonesia maupun bank-bank di luar Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan layanan perbankan via online pada para nasabah bank. Tiap bank yang menerapkan sistem layanan transaksi online memiliki strategi mobile banking yang berbeda.

Setiap bank pun memiliki nama aplikasi yang berbeda. Misalkan pada Bank BCA memiliki mobile banking yang bernama Click BCA. Lain halnya dengan Bank CIMB Niaga yang mempunyai pelayanan mobile banking yang berbeda yaitu CIMB Clicks dan Go Mobile. Tetapi pada intinya layanan mobile banking yang ada pada bank komersil di Indonesia memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan layanan terbaik pada para nasabah tercintanya.

Layanan mobile banking kini telah membawa banyak perubahan. Misalnya, jika dulu kita harus mengunjungi butik atau distro untuk melihat trend fashion yang sedang populer, kini hanya dengan media internet, kita bisa melihat trend fashion tanpa harus mendatangi butik/ distro. Cukup dengan mengakses situsnya saja, maka segala informasi tentang trend fashion akan tampak pada layar.

Demikian juga ketika kita akan melakukan transaksi pembayaran via aplikassi mobile banking. Tak hanya kebutuhan belanja online saja yang dapat ditangani dengan mudah dengan menggunakan Mobile Banking, penggunaan mobile banking juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan transfer, cek saldo, pembayaran tagihan (tagihan listrik, PAM, dan telepon), pindah buku, informasi rekening, pembelian pulsa, keperluan bisnis, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi mobile banking ini, ada beberapa masalah untung beberapa tahun ke depan. Misalkan perbedaan pada teknologi handphone yang digunakan di wilayah negara berkembang tidak setara dengan smartphone yang digunkan di negara maju, ini setidaknya akan menghambat pelayanan mobile banking itu sendiri. Hal ini telah membuat para penyedia layanan mobile banking pun harus memikirkan solusi yang tepat dan cepat agar layanan mereka dapat diakses oleh seluruh pengguna di dunia walaupun ada perbedaan software dan hardware yang digunakan pada setiap wilayah negara.

Adapun juga masalah pada setiap teknologi apalagi yang namanya berbasi dengan konekso internet, yaitu keamanan. Hal-hal yang harus diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking :
  • Wajib mengamankan PIN Mobile Banking
  • Bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.
  • Apabila SIM CARD GSM hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan bank terdekat atau segera menghubungi Call Center bank tersebut.
Salah satu prosedur pengamanan akun mobile banking milik para nasabah yaitu dengan meminta para nasabah pengguna mobile banking untuk melakukan upgrade password secara berkala. Prosedur lainnya agar akun mobile banking tetap aman yaitu membuat login ID yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, penggunaan double password, pemberlakukan kode transaksi, dan penggunaan token yang mampu mengubah password secara otomatis.

Diperlukan juga dukungan lainnya seperti pengecekan secara rutin terhadap akun-akun mobile banking milik para nasabah. Tujuan dari pengecekan akun mobile banking milik para nasabah yaitu untuk mengetahui kondisi akun para nasabah.

Agar mobile banking strategy mudah digunakan, pihak bank sebaiknya menciptakan desain aplikasi mobile banking yang informatif, mudah dioperasikan, mudah diakses kapan saja dan di mana saja, murah, dapat diandalkan (reliable), dan dapat dipercaya.

Bisa dilihat dari Bank BCA yang sangat sukses dengan internet banking dan mobile banking-nya karena sejak awal konsep menu yang ada di mobile banking BCA memiliki desain dan fitur yang sama persis dengan yang ada di ATM BCA. Kadar resistensi nasabah BCA diminimalkan dengan tampilan user friendly yang ada di menu internet banking dan mobile banking BCA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar