Mengenai Perusahaan
Siapa yang tidak tahu Pizza Hut? Pasti semua sudah pada tahu Pizza Hut merupakan salah satu perusahaan yang berkutik di bidang kuliner. Pizza hut bisa dikatakan merupakan suatu restoran cepat saji yang sudah cukup digandrungi di Indonesia. Pizza Hut sendiri mulai membuka restoran pertamanya di Indonesia pada tahun 1984 di Gedung Theatre, daerah Thamrin, Jakarta. Pada tahun 2000 restoran Pizza Hut pertama ini dipindahkan ke Gedung Cakrawala di daerah yang sama, hingga sekarang ini.
Meski banyak restoran cepat saji yang mengutamakan menu utmanya pizza tetapi Pizza Hut sudah ada dihati masyarakat Indonesia untuk urusan restoran cepat saji. Bagaimana tidak, kini Pizza Hut sudah mempunyai lebih dari 200 restoran yang tersebar di penjuru Indonesia. Sekarang tidak susah bukan untuk mencari restoran pizza ini.
Bukan hanya itu, jika kita mulai merasa lapar tetapi malas keluar untuk pergi ke Pizza Hut karena suatu keadaan, tenang saja karena kini Pizza Hut bisa kita order Delivery ke rumah, sekolah atau ke kantor anda, karena tuntutan ero globalisasi yang menggila di bidang teknologi, membuat siapa saja mudah untuk mendapatkan sesuatu. Untuk pemesanan deliveri Pizza Hut bisa melalu website (www.pizzahut.com) dan hotline.
Visi dan Misi Pizza Hut
Visi
Menjadikan perusahaan berkembang dengan kerja keras dan kerja sama antar karyawan.
Misi
-Semangat dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang diinginkan .
-Melayani customer dengan sebaik-baiknya.
Menerima kritik dan saran dari customer, agar kita bisa berkembang lebih baik lagi.
-Openmai n terhadap segala hal.
Sturuktur organisasi
-Manager Area
-Manager training
-Manager outlet
-Shift leader
Dari pemaparan informaasi singkat diatas maka dapat dikatakan bahwa perusahaan PIZZA HUT telah menggunakan atau mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen dengan begitu jelas sehingga dapat membuat perusahaan ini berkembang begitu pesatnya di berbagai pelosok negara.
Sistem Informasi
Selanjutnya kita akan membahas mengenai system informasi yang digunakan dalam Pizza Hut dalam uraian berikut.
1.Operating Support System
Merupakan suatu system yang mengahsilkan berbagai produk informasi untuk keperluan internal dan eksternal yang menunjang kegiatan operasi.
Transaction Processing System (TPS)
TPS yang digunakan dalam Pizza Hut adalah menggunakan system Point of Sale (POS), yaitu sebuah sistem yang menggunakan sebuah terminal elektronik pembayaran untuk menyimpan dan mengirim data penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubung pada computer pusat untu keperluan cepat atau periodik. Point of Sale sendiri adalah bagian yang paling penting dalam sistem proses operasional, yang meliputkan langsung customer dan databse perusahaan, dan juga yang paling penting adalah penggunaan software dan hardware yang memadai.
Pada intiny sistem operasional yang digunakn dalam Pizza Hut adalah aliran kerja yang diartikan sebagai proses otomatisasi. Dimana pesanan pelanggan akan masuk di point of sale (order station) yang akan dicatat oleh makaline station dan langsung akan dikirim ke bagian kitchen yang akan dicetak berupa hardcopy dokoment transaksi sebagai pesanan yang akan dimasak. Semua data transaksi akan disimpan pada file server dan akan dipantau langsung oleh headquter melalui jaringan WAN.
2.Management Support System
Merupakan sebuah sistem yang digunakan end-user atas suatu produk untuk mengambil keputusan.
Management Information System
MIS yang digunakan dalam Pizza hut adalah sebuah aplikasi yang berupa suatu bentuk laporan yang akan digunakan oleh perusahaan untuk pengambilan dan penentuan keputusan pada sistem penunjang keputusan.
Decision Support System
DSS menyediakan sebuah informasi untuk manajer end-user secara interaktif yang menggunakan modeling analisis, simulasi dan lain sebagainya. Bagi pihak Pizza Hut menggunakan DSS adalah suatu keuntungan yang bagus untuk perkembangna perusahaannya karena setiap store manager dapat mengetahui atau mengawasi secara langsung dan ekslusif.
Penggunaan sistem informasi berbasis computer (CBIS) pada pizza hut sangat menguntungkan untuk mendukung kesuluruhan aktivitas kegiatan manajemen perusahaan di berbagai bidang, yaitu :
-Menunjang operasi bisnis
-Menunjang pembuatan keputusan manajerial
-Menunjang keunggulan strategis
-Prosedur rancangan dan pemesanan tempat makan
Sumber:
http://sophieaziez.blogspot.co.id/2011/12/sistem-informasi-pada-restoran-cepat.html?m=1
Sumber:
http://sophieaziez.blogspot.co.id/2011/12/sistem-informasi-pada-restoran-cepat.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar